Friday, May 14, 2010

Letjen Z. A. Maulani

0 comments

Letnan Jendral (Purn.) Zaini Azhar Maulani lahir di Marabahan, Kalimantan Selatan, 6 Januari 1939. Z.A Maulani lulus dari Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang pada tahun 1961 dan kemudian dari Command and General Staff College, Quetta, Pakistan pada tahun 1971 dan Lemhanas tahun 1982.
Karir Z. A Maulani di dunia militer diawali sebagai Komandan Peleton, Kompi I, Batalyon 145/Sriwijaya. Sempat ditugaskan sebagai Atase Militer Kedutaan Besar RI di London, beliau kemudian menjadi Panglima Kodam VI Tanjungpura tahun 1988-1991. Dari Kodam Tanjungpura beliau kemudian menjabat Sekretaris Jenderal Departemen Transmigrasi pada tahun 1991-1995. Z. A Maulani lalu menjadi staf ahli Menristek/BPPT pada tahun 1995-1998.
Z.A. Maulani termasuk produktif dalam menulis, hasil karyanya diantaranya adalah Strategi Pertahanan Pulau-pulau Besar, Demokratisasi dan Pembangunan Daerah, Perang Afganistan : Perang Menegakkan Hegemoni Amerika di Asia Tengah, Mengapa Barat Menfitnah Islam, Jamaah Islamiyah dan China Policy, dan Merajut Persatuan di Tengah Badai. Dibidang organisasi, beliau pernah menjadi aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII). Kemudian beliau menggagas berdirinya Perkumpulan Alumni Pelajar Islam Indonesia. Beliau pernah juga menjabat Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia.
Jabatan puncak yang pernah beliau penuhi adalah Kepala Badan Koordinasi Intelijen Negara pada Kabinet Reformasi periode September 1998 – 20 November 1999. Setelah itu, beliau lebih menaruh perhatian pada politik dalam negeri dan keislaman.
Pada tanggal 5 April 2005, Z.A Maulani meninggal dunia di Jakarta setelah dirawat di RSPAD Gatot Subroto akibat penyakit diabetes, meninggalkan seorang istri, enam anak dan 19 cucu.

0 comments:

Post a Comment